Macam Macam Hasil Olahan Buah Nanas

Buah yang selalu ada sepanjang tahun ini, banyak digemari orang tua dan muda. Rasanya menyegarkan dan mengandung kadar gula yang tinggi. Selain bisa dimakan sebagai buah segar sesudah makan, dibuat asinan dan rujak, bisa juga dibuat sirop yang segar, selai yang manis dan lain-lain.

1. Syrup Nanas

Syirup nanas sering dijumpai di pasaran. Syirup nanas mudah untuk membuatnya. Anda bisa mempraktekanya sendiri dirumah. Berikut caranya semoga bermanfaat.

Dua buah nanas masak dikupas, dibuang matanya lalu dicuci dengan garam dan dibilas. Diparut lalu disaring dengan kain halus yang bersih (sampai kira-kira ada 500 cc sari nanas). Sari nanas ini dicampur dengan 750 gram gula pasir lalu dimasak sampai mendidih dan semua gula hancur (sambil diaduk).

Setelah semua tercampur harus dimasak lagi sampai cukup kental. Kalau sudah kental diturunkan dari api lalu dicampur dengan 1 gram asam sitrun yang sudah dicairkan dengan 1 sendok air panas. Diaduk terus sampai hilang busanya, lalu dituangkan pana-panas ke dalam botol. Tuangkan syrop dan tambahkan sedikit air untuk meminumnya bisa tambahkan es batu.


2. Selai Nanas

Dua buah nanas (kurang lebih 1 kg) dikupas, dibuang matanya, dicuci lalu diparut. Dicampur dengan 800 gram gula pasir dan sepotong kayu manis, lalu diaduk dalam panci di atas api sampai masak dan cukup kental. Diturunkan dari api lalu dimasukkan panas-panas ke dalam botol selai.

3. Rujak Nanas

Anda tentu lebih tahu membuat rujak yang enak, jadi tidak perlu saya jelaskan panjang lebar. Potong- potong nanas dan buah lainya kemudian campurkanlah bumbu rujak diatas potongan buah atau makanlah buah yang dicelupkan bumbu rujak untuk memakanya.

4. Dodol Nanas

Bahan-bahan untuk membuat dodol nanas terbilang cukup mudah kita dapatkan di pasar. Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan:
1 kg buah nanas masih segar
150 gram gula merah
50 gram gula pasir
50 gram tepung ketan
santan kelapa
vanili secukupnya

Caranya 

Haluskan nanas dengan cara diparut atau diblender
Campurkan gula pasir, gula merah, tepung ketan, santan kelapa dan vanili dengan nanas yang sudah dihaluskan
Aduk semua bahan yang telah dicampurkan hingga merata
Didihkan bahan-bahan yang telah tercampur merata tersebut hingga membentuk adonan yang mengental
Tuangkan adonan dodol nanas yang telah mengental ke dalam cetakan atau loyang
Dinginkan dodol nanas yang telah dibuat dengan cara dibiarkan beberapa menit
Setelah dingin, irislah dodol nanas tersebut sesuai selera
Bungkuslah dengan kertas minyak atau plastik

Nah kira-kira mana yang paling mudah membuatnya. Mungkin kalau saya lebih suka berexperimen dengan dodol nanas. Selain caranya yang mudah, dodol nanas mempunyai nilai ekonomis jika ingin membuat dodol untuk dijual. Atau yang sederhana ya rujak . Rujak nanas gampang tinggal potong-potong celupin bumbu langsung makan deh. 

0 Response to "Macam Macam Hasil Olahan Buah Nanas"

Posting Komentar

Ads